Mari Belanja Bahan, Kemana ..

Departemen/ Bagian yang bertugas membeli bahan dinamakan Purchasing, ada juga yang menyebut Procurement, atau Pembelian. Tugasnya adalah menyediakan all kebutuhan dari perusahaan, baik untuk 
Produksi, 
Operasional, 
Daily, 
Mesin, 
Jasa, 
Infrastruktur,
Alat, 
Spare part, 
Bahan bakar, dll. 

Untuk Perusahaan yang produksinya udah cukup besar, tugas dari Purchasing ini bisa di pecah menjadi beberapa bagian, khusus 
Bahan Produksi, 
Mesin & Sparepart, 
Daily Needs, 
Jasa dan 
Infrastruktur.


Untuk pembelian bahan produksi hampir semua perusahaan membeli bahan dengan partai besar atau jumlahnya banyak. Why? Pastinya supaya dapat harga bagus, kedua supaya proses produksi tidak terhambat karena kehabisan bahan. Terkait dengan ‘harga bagus’, di beberapa perusahaan harga bahan ini bisa menjadi krusial. Karena ada yang 60% biaya produksi adalah harga bahan, ngerih banget tuh. Harga bahan bergerak naik, profit langsung drop shot.

Sehingga penting bagi Dept. Pembelian untuk selalu mencari Supplier baru, yang kompetitif baik dari 
Harganya, 
Kualitasnya, 
Pengirimannya, 
Sistem pembayarannya dan 
Kontinuitasnya. 

Sambil selalu menjalin hubungan dengan supplier yang sudah ada (lama) untuk negosiasi yang lebih baik. Walaupun setiap perusahaan ingin untung namun kurang etis jika hanya harga yang menjadi pertimbangan, keberlanjutan supplier juga menjadi konsen kita, karena mereka juga memperkerjakan banyak orang, punya supllier yang mungkin masih UKM atau industri rumahan, we must care with keberlanjutan mereka. There’s not Jungle man, awas virus capitalism!.

Masih ingat tulisan sebelumnya kan? Sampe di materi ini, Alur Inventheory nya is like this…. BOM >  Rencana Perusahaan > MPS > MRP > Pembelian Bahan.

Genggam Erat
Ardiantorizal

#capitalism is pokoknya untung besar, apapun caranya. Beli semurah-murahnya, jual semahal-mahalnya.
Kalau ada Supplier yang bisa kasih harga murah kami beli, kami akan banyak sekalian dan minta harga lebih murah, orang lain gak boleh beli. Supplier lama ya tinggalin aja, salah sendiri mahal.
Kalau ada pembeli besar, ya kami layani dengan sepenuh hati. Mau beli banyak kami kasih harga murah, bayar di depan atau keluarin PO. Kami akan aman, barang kami sudah ada yang beli, sudah ada yang pesan.
Pesan diatas untuk dihindari, jauhi, jangan do it. 

Comments

Popular posts from this blog

Warehouse fungsinya hanya ada dua

Job Order or Mass Production

Control Stock, Ngapain aja sih?