Warehouse fungsinya hanya ada dua

Warehouse atau gudang sebutan tempat untuk menyimpan, bisa macam-macam yang harus anda simpan. Yang bisa saya sharing saat ini Gudang untuk Bahan dan Gudang untuk Finish Good. Jika anda pernah berkunjung ke kedua gudang ini, saya yakin anda melihat gudang Finish Good selalu lebih rapi dari gudang bahan, sedikit saja gudang bahan lebih rapi. Rapi ini adalah salah satu penilaian jika mengunjungi gudang, dilihat mata nggak ada yang berserakan, penataan lurus, tidak campur-campur, dan lantai bersih. 

Saat masuk di Gudang FG mata akan ternganga jika melihat gudang yang luas dan mempunyai rack tinggi-tinggi, mbayangkan berapa ini isinya. Beberapa perusahaan menentukan isi gudang dengan satuan Karton, Kg, Volume dan Pallet Posisi. Namun sebagian Perusahaan menyamakan isi gudangnya dengan menyamakan satuan, kami sering memilih pallet posisi. Pallet posisi ada jumlah pallet standard yang bisa masuk rapi di dalam gudang, sudah di kurangi fasum (panel listrik, APAR, tempat charger, pintu) dan jalan (jalan orang dan barang). 

Didalam gudang tugas kita sebenarnya hanya ada 2, yakni menjaga kualitas dan kuantitas barang didalamnya. Cara menjaganya adalah dari mulai proses penerimaan, dokumen, proses adminstrasi, penurunan dari truck, penyusunan di atas pallet, moving ke area simpan, ada jalur khusus, penataan di buat rapi, ada jarak aman antar pallet, jika menaikkan ke atas racking berhati-hati dan presisi, cek kondisi (dan jumlah) barang rutin terjadwal. 

Setiap personel gudang dididik supaya memiliki tanggung jawab mengenai isi gudang, tidak sembarang orang boleh keluar masuk gudang. Barang keluar masuk musti tercatat, stock opname harian harus dilakukan, jika sulit minimal untuk satu varian produk per hari. Kebersihan harus selalu dilakukan, pemasangan cctv penting, usahakan hanya ada 2 pintu, untuk masuk barang dan keluar. Pencahayaan, kelembaban, hama musti dijaga dan dikendalikan. Siapkan peralatan safety, minimal shoes, helmet dan vest.

Bekerja dibagian Gudang berbeda dengan dengan beberapa Dept. lain, ada tambahan tanggung jawab selain jobnya, reporting, kelola orang, yakni maintain infrastruktur dan MHE (material handling equipment). Infrastruktur adalah bangunan gudang, lantai, kantor, racking (jika ada). Sedangkan MHE bisa handpallet/ handlift, reachtruck, forklift, vacuum cleaner, conveyor. Sebisa mungkin kita memiliki sendiri personel khusus untuk melakukan maintenance hal itu semua, karena jika full mengandalkan dept lain atau pihak ketiga, pasti akan lama prosesnya jika diperlukan.

Dua tujuan adanya Warehouse tersebut adalah jadi tugas anda, mudah bukan…he he. Supaya terlaksana kerja keras anda dibutuhkan disini, point di alenia-alenia diatas bisa anda perhatikan. Rangkai dalam keseharian aktivitas anda, buat tim yang peduli, pintar dan rajin ibadah..serius ini. Buat hubungan baik dengan Dept. lain, Transporter dan Distibutor, semoga dimudahkan jika ada problem. Next posting semoga bisa bahas mengenai infrastruktur dan MHE, karena pengetahuan tim warehouse harus melebar sampe kesini.

Comments

Popular posts from this blog

Job Order or Mass Production

Control Stock, Ngapain aja sih?