Saya Kenalkan anda dengan BOM

You know what, BOM is ejaan english. So I must introduce with english, BOM (baca: Be O eM) kepanjangan dari Bill Of Material, jumlah material, jumlah macam material, jumlah macam bahan dalam satu barang or product.  Jadi kalau ada benda apapun di depan mu, pasti terdiri dari bemacam-macam part. 

Di depan saya saat ini ada botol Pocari Sweat, BOM nya apa aja. Botol plastik pastinya, label merk dan tutup botol. Adalagi di depan saya is Sajadah, BOM nya 4 macam benang, alas, label merk. Adalagi HP, wah kalau ini mah buanyak part nya, silahkan gooling aja yak he he. Part tersebut ada jumlahnya, misal kalau kursi ada 4 kaki penyangga.

Jangan lupa, di Pocari tadi ada BOM bahan minumannya, pasti ada di label merk ‘ingredients’. Kalau makanan dan minuman selain BOM kemasan, ada BOM isinya. Misal wafer, isinya ya bahan pembuat wafer, coklat, tepung, pengawet, pewarna, dll. Di Ingredients tidak dituliskan jumlahnya, rahasia perusahaan. Jumlahnya anda tahu pun, belum tentu bisa membuat, karena gak asal masukin dan campur, ada step-step di setiap proses pembuatannya.

Ada lagi yang masih terlupa, kemasan luar, bisa karton (inner dan outer), plastik, kotak kayu, box, macem-macem deh. So BOM is to know jenis dan jumlah bahan pembuat suatu barang atau product ya. Mulai dari ‘isi’nya, kemasan utama dan kemasan luar. 

Trus nulis panjang-panjang about BOM nih apa tujuanya. Nih dia, perhatikan ya…. 

BOM is salah satu bagian kecil namun penting perusahaan Manufacture, ada beberapa departemen yang harus mengetahui apa BOM dari suatu produk. Seperti Dept. R&D, Production, Planner, Warehouse, Inventory, Purchasing, Finance, Engineering, Quality, ternyata hampir semua bagian di Manufacture membutuhkan lho. Selain  itu ada Marketing dan Sales.

Saya bantu jelasin about keperluan Dept. diatas mengetahui BOM.

R&D : Dept ini yang memilih, meracik, menentukan, mengolah bahan macam-macam menjadi suatu produk. Dari Dept ini BOM di tentukan dan di release.

Production : Dept ini yang akan melakukan secara massal apa yang di release oleh R&D, BOM diketahui untuk paham tahu butuh apa aja, berapa dan bagaimana cara mengolahkan, membuatnya dan merakitnya.

Planner : BOM digunakan untuk ; Mengetahui bahan yang kurang saat membuat rencana, sehingga tidak di direncanakan, segera didatangkan atau di alternatif lain.

Warehouse : Memahami BOM sehingga memahami apa yang disimpan di gudangnya, digunakan untuk produk apa dan bagaimana cara menyimpannya.

Inventory : Berkepentingan dengan BOM karena bagian ini yang akan selalu mengupdate stock bahan, kapan habis, kapan datang, posisi dimana saja, kualitas apa. 

Quality : Sebagai penjaga kualitas, memastikan bahan dan proses yang di produksi sesuai dengan BOM dan list process dari R&D. 

Sedangkan Dept lainnya akan saya jelaskan jika anda memintanya.

Sedikit mengenai Bill Of Material, next week akan sambung dengan knowledge lain yang berhubungan dengan Production Planning and Inventory Control (Propic) (Planic). Sedang mencari singkatan yang unik . 

-----------------Genggam Erat 
----------------------Ardiantorizal

Comments

  1. wah jadi negerti sekarang apa itu BOM, Ulasannya bermanfaat mas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Warehouse fungsinya hanya ada dua

Job Order or Mass Production

Control Stock, Ngapain aja sih?