Ada banyak macamnya, apa itu Bahan dan Material

Setelah Bill of Material, kita belajar apa macam material, sebagian perusahaan menyebutnya Bahan. Ada banyak macam bahan yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat produknya, mereka menggabungkan berbagai macam bahan dengan proses tertenu untuk menjadi suatu produk yang dibutuhkan dan akan di jual ke masyarakat.

Berbagai macam bahan di kelompokkan dan di kategorikan, hal ini ditujukan untuk mempermudah penghitungan kebutuhan, penyimpanan di gudang, pembelian dan saat proses produksi. Sedikit saya berikan beberapa contoh macam kategori bahan :

1. Bahan Baku : adalah bahan pembuat produk inti. Misal Syrup Marjan maka syrupnya, Semen Tiga Roda maka semennya, Belvita maka biskuitnya, TV LG maka tvnya. 


a. Bahan baku primer : Syrup Marjan maka airnya, Semen Tiga Roda maka kapurnya, Belvita maka tepungnya, TV LG maka chipnya.

b. Bahan baku sekunder : Syrup Marjan maka perasa; pewarna; pengawet; vitamin, Semen Tiga Roda maka lempung; alumina; oksida besi, Belvita maka gula; garam; perasa; pengawet, TV LG maka kabel; pcb; plastik; kaca; baut.

#lihat benda atau produk di sekitar anda, amati dan tentukan bahan baku primer dan sekundernya.

2. Bahan Kemas : adalah bahan untuk mengemas, menutup produk. Misal Syrup Marjan maka botolnya, Semen Tiga Roda maka zaknya, Belvita maka aluminium foilnya, TV LG maka kardusnya.

Bahan kemas di beberapa produk bisa berlapis lapis, misal sampho sachet tiap sepuluh di plastikin, trus 10 plastik di kotakin, 10 kotak di kerdusin. Rokok, tiap 12 di kotakin, masuk slop trus karton besar. Kadang dikenal dengan Inner karton dan outer karton. Namun ada proudk yang tidak ada kartonya, misal Mobil, Motor, Meja Makan, Lemari Pakaian.

#lihat benda atau produk disekitar anda, ingat ingat bentuk kartonnya dan cari produk lain yang tidak memakai karton.

Itu dia garis besar pengelompokan bahan, bisa detail lagi pengelompokan di beberapa perusahaan yang lain. Karena tiap perusahaan mempunyai karakteristik tersendiri, disini saya lebih banyak mengambil mindset dari Perusahaan Manufactur produksi food and beverage.

Jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar.

Genggam Erat 
Ardiantorizal

Comments

Popular posts from this blog

Warehouse fungsinya hanya ada dua

Job Order or Mass Production

Control Stock, Ngapain aja sih?