Instagram dan Penonton

Ada sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia. Ini angka yang wow. Sementara hampir setengahnya adalah penggila medsos atau berkisar di angka 40%. Dan angka ini meningkat lumayan dibanding tahun lalu, di 2016. Luar biasa? Sangat!

Di 2017, Tetra Pak Index mencatat ada lebih dari 106 juta orang Indonesia menggunakan medsos setiap bulannya. Bayangkan 106 juta orang. Di mana 85% di antaranya mengakses social media melalui perangkat seluler.

"Pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi millennial dan generasi Z," ini temuan menurut mereka.

Lanjut mereka, "Social media memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan bisnis, khususnya bisnis berbasis online di Indonesia. Konten buatan pengguna (user generated content) menjadi semakin penting."

Ya, social media memang dahsyat. Dan sekarang sudah saatnya kita jadi pemain. Jangan sekadar jadi penonton. Salah satunya, manfaatkan social media untuk menghasilkan uang.

Sekitar 45 juta orang Indonesia ternyata menggunakan media sosial ini secara aktif. Dan tercatat, Indonesia merupakan negara penghasil Instagram Story terbesar di dunia, dengan konten 2X lebih banyak dari rerata global.

Susan Rose, Product Marketing Director Instagram, melihat ini sebagai kesempatan yang bisa brand gunakan untuk lebih dekat dengan konsumennya. Adopsi bisnis melalui Instagram di Indonesia termasuk lima tertinggi di dunia.

Bahkan Instameet (komunitas Instagram) di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Aktifnya bukan cuma di kota-kota besar, melainkan sampai kota-kota kecil. Ya, Instagram berada semakin jauh di depan rivalnya, Snapchat.

Di Instagram, saya aktif berbagi inspirasi dalam bentuk gambar dan video di akun @ipphoright.

Lantas, bagaimana dengan Facebook? Jumlah pengguna Facebook memang jauh lebih banyak, baik di Indonesia maupun di dunia. Tapi serunya, pengguna Instagram lebih konsumtif, lebih berdaya beli, dan terbiasa dengan belanja online.

Saran saya, "Berhentilah jadi penonton. Saatnya jadi pelaku, jadi pemain." Sayang sekali kalau pasar sepotensial ini sampai diabaikan. Ingat, punya akun Instagram saja tidaklah cukup. Harus dioptimasi agar bisa menjual dengan lebih mudah.

Silakan praktek. Semoga berkah berlimpah.

Sumber belajar : Ippho Santosa

Comments

Popular posts from this blog

Warehouse fungsinya hanya ada dua

Job Order or Mass Production

Control Stock, Ngapain aja sih?